468x60 Ads

uchu sutarya

Ketegasan adalah (pengertian ketegasan)


Ketegasan itu positif. Ketegasan memberi ruang pada perbedaan yang jelas antara masing-masing individu, tanpa harus mengganggu idealisme yang dipegang masing-masing. Ketegasan justru akan memperkuat posisi kita di mata orang lain. Bahkan bukan tidak mungkin ketegasan justru akan membuat kita dapat mempengaruhi orang lain.
Ketegasan adalah kekuatan. Ketegasan bagai jejak yang menghujam ke bumi, bukan buih yang terombang-ambing di lautan.
Ketegasan berbeda dengan kekerasan atau kekasaran. Kekerasan itu seperti sifat besi yang tidak bernyawa. Sifat asal kekerasan atau kekasaran adalah tidak disukai.
Lawan ketegasan adalah ketidak-tegasan. Orang yang tidak mampu tegas akan selalu mengikuti kemana air mengalir atau ke mana angin membawanya. Dan kuperhatikan, air selalu mengalir ke tempat yang rendah dan angin bertiup tak tentu arah.
Ketidak-tegasan mewujud pada ketidakmampuan untuk menyatakan keyakinan yang dia pegang teguh. Ketidak-tegasan adalah ketidak-jelasan. Ketidak-tegasan dialami oleh orang yang tidak mampu menempatkan diri pada pendiriannya, kemudian berimbas pada ketidak-mampuan menempatkan diri di tengah pergaulannya. Ketidak-tegasan adalah ketidakmampuan untuk memilih. Ketidak-tegasan adalah keraguan.
Ketidak-tegasan itu negatif. Ketidak-tegasan menempatkan diri pada wilayah abu-abu. Ketidak-tegasan tidak mengakui perbedaan, mencampuradukkan idealisme antarindividu yang sejatinya berbeda. Ketidak-tegasan akan menjadikan posisi seseorang  sebagai orang yang tidak punya pendirian. Peribahasanya ibarat air di daun keladi. Ke manapun daun keladi miring, ke situlah ia condong. Orang yang tidak tegas akan mudah dipengaruhi.

Di produksi oleh uchu sutarya

0 komentar:

Posting Komentar